Selasa, 14 Juni 2011

PENGRTIAN INOVASI DAN KAREKTERISTIK INOVASI PENDIDIKAN

PENGRTIAN INOVASI DAN KAREKTERISTIK INOVASI PENDIDIKAN
________________________________________
Sebelum membaca atau melkukan aktipitas tanamkan budaya membaca kalimat
ﺒِﺴْﻡﭐﷲِﭐﻠﺭﱠﺤْﻤﹶٰﻥﭐﻠﺭﱠﺣِﻴﻡ
Pengertian inovasi dan inovasi pendidikan
Secara umum inovasi sering diartikan sebagai suatu pembaharuan atau perubahan yang terjadi dari suatu keadaan lain yang berbeda dengan keadaan sebelumnya. Dalam kamus ilmu-ilmu social Hungo.F. reading (1986:204) menjelaskan istilah innovation dalam tiga kategori yaitu innovation ,innovation material, dan innovation non material,
a. Innovation diartikan sebagai elemen kultur baru ,dan penerimaan tujuan-tujuan kultur baru oleh individu sembari menolak alat-alat kelembagaan masyarakat.
b. Innovation material diartikan sebagai innovation dalam kebudayaan material
c. Innovation nonmaterial diartikan sebagai inovasi atau pembaharuan dalam kebudayaan nonmaterial.

Sedangakan menurut Rogers et al (1971:19)
Bahwa inovasi merupakan suatu gagasan ,ide atau pemikiran ,peraktek kerja ,objek atau hal atau .suatu peroduk berupa barang yang dianggap baru oleh seseorang sebagai pihak penerima. Sedangkan secara umum inovasi dapat dijelaskan sebagai perubahan atau pembaharuan yang terjadi baik dalam bentuk pemikiran ,ide kegiatan peraktek kerja atau atau bentuk peroduk barang yang dainggap baru dan berbeda oleh seseorang penerima dari keadaan yang sebelumnya.
Istilah inovasi (pembaharuan) hamper sama pengertiannya dengan perubahan. Namun tidak semua inovasi atau perubahan adalah inovasi. Dalam perubahan, proses terjadinya biasa berlangsung secara alimah,misalnya perubanan cuaca dari musim dingin kemusim panas,terjadinya siang dan malam itu semua merupakan peristiwa perubahan yang berlangsung secara alamiah.
Suatu perubahan dapat dikatakan tergolong pada inovasi apabila perubahan tersebut dilakukan dengan sengaja untuk memperbaiki keadaan sebelumnya agar lebih menguntungkan bagi peningkatan kualitas hidup. Hal ini misalnya dapat kita lihat pada perubahan peroses dan produk bidang teknologi yang tidak terjadi begit saja secara sepotan ,tetapi perubahan itu dilakukan sebagai akibat lahirnya suatu gagasan atau ide baru untuk memperbaiki keadaan atau memecahkan suatu masalah.

 Karakteristik inovasi pendidikan

Inovasi yang dilancarkan salam bidang pendidikan mempunyai karekterisitik pokok yang tidak berbeda dengan kigiatan inovasi dalam bidang social lainya. Karekteristik inovasi pendidikan dapat dilihat dari ciri-ciri yang dimilikinya,sehingga Nampak jelas mana inovasi yang tergolong inovasi pendidikan.
1. Ciri-ciri inovasi pendidiakn
Ada beberapa kata yang menunjukan bahwa dalam pengertian inovasi ada beberapa kata kunci yang menjadi ciri atau karakteristik yang menentukan apakah suatu perubahan dalam bidang pendidikan tergolong inovsi atau tidak
a. Baru : maksudnya bahwa suatu perubahan bisa tergolong inovasi apabila memang berbeda dari keadaan sebelumnya
b. Kualintatif :mengandung arti bahwa perubahan yang terjadi dalam inovasi tidak sekedar dalam jumlah atau perunahan dari unsur komponen-komponen yang ada sebekumnya, melainkan lebih dari itu yang secara kualitatif harus tertuju pada peningkatan nilai guna dan nilai tambah pada peningkatan mutu seperti penambahan pengadaan gedung sekolah, menambah jumlah guru,murid dan buku
c. Hal : dalam pengertian tersebut mencangkuo berbagai komponen dan asapek dalam pendidikan,dapat berupa ide atau gagasan,peraktek kerja atau kegiatan dan dapat pula berbentuk barang material hasil peroduksi misalnya termasuk dalam hal diinovasikan dalam pedidikan adalah buah pikiran atau gagasan-gagasan baru mengenai metode dan teknik bekerja,serta menumbuhkan sikap mental yang berporofisional di kalangan guru.
d. Unsur kesengajaan ; berarti perubahan yang terjadi dalam inovasi dilakukan secara terencana bukan karna kebetulan atau karna didasarkan pada kesukaan atau hobi seseorang (like and dislike) seperti penggantian jabatan dan kebijakan baru , pembaharuan seperti itu tidak lahir karna suatu upaya pemecahan masalah yang sangat penting melainkan karna kesukaan perseorangaan selagi berkuasa
e. Miningkatan kemampuan; berarti bahwa perubahan terjadi dalam inovasi bertujuan terutama meningkatan kemampuan berbagai sumber masukan yang ada dalam pendidikan yang meliputi unsur kemampuan manusia yang terdirri atas tenaga kependidikan, tenaga administrative dan perserta didik,unsur kemampuan dana ,kemampuan saranan dan prasarana termasuk didalamna struktur dan prosedur organisasi serta menejemen agar semua tujuan yang direncanakan dapat dicapai secara efektif dan efesien.
f. Tujuan : perubahan yang terjadi dalam inovasi mempunyai kejelasan sasaran dan hasil-hasilnya. Hal ini tujuan utama kegiatan inovasi ialah tercapainya kualitas pendidikan yang setinggi-setingginya dengan proses yang efektif,efisen dan relevam dengan kebutuhan dengan menggunakan sumber tenaga,dana,alat dan waktu yang sekecil-kecilnya.

 Misi dan tujuan inovasi pendidikan
Upaya pembeharuan pendidikan yang dilakukan baik di Negara-negara maju dan berkembang pada umumnya mempunyai kecenderungan mengemban misi untuk memecahkan maslah yang dihadapi dalam dunia pendidikan. Permasalahan tersebut antaralain meliputi pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi pendidikan ,secara efekti da efesien.
Poenson dalam santoso S Hamidjojo (1974) telah melihat adanya tiga kencenderungan misi novasi pendidikan yaitu
I. Inivasi pendidikan mengemban misi atau kecenderungan untuk meninggalkan konsep pendidikan yang terbatas bagi kepentingan elite tertentu, menuju pada konsepsi pendidikan yang demokratis
II. Inovasi pendidikan mengembangkan misi yang cenderung bergerak dari konsep pendidikan yang berat sebelah dalam peningkatan kemampuan peribadi di antara pengetahuan,sikap dan ketrampilan, menuju pada konsepsi pendidikan yang mengembangkan pola da nisi yang lebih komperhensif dalam rangka pengembangan seluruh potensi manusia secara bulat dan utuh.yang artinya buka hanya dapat mengembangkan kemampuan intelektual melainkan juga dapat mengembangkan pembelajaran terpada atau pembelajaran CBSA
III. Inovasi pendidikan mengemban misi yang cenderung bergerak dari kosepsi pendidikan yang bersifat individual perorangan menuju kearah konsepsi pendidikan yang menggunakan pendekatan yang lebih konperatif. Dari konsefsi pendidikan yang boros menuju pendidikan yang lebih efektif dan efisen dan relevan dengan kebutuhan pengembangan seperti penggunaan analisis dan pendekatan system dalam perencanaan pendidikan dan pengajaran di indonisia.

Sumber terjadianya inovasi pendidikan
Sumber inovasi termasuk dalam inovasi pendidikan sekurang-kurangnya terdapat dua pandangan
a. Pandangan yang menyatakan bahwa agar inovasi itu dilaksanakan dengan penuh makna dan tumbuh mangkar di masyaraakat luas,sebaiknya ide pembaharuan itu muncul dari pihak bawah
b. Tanpa ada restu atau keputusan kebijakan pihak atas atua pusat orang yang ada di tingkat bawah atau daerah akan merasa ragu-ragu dan kurang merasa terdorong untuk ikut serta menyebarkan dan melaksanakan pembaharuan

Proses inovasi dan penyebarannya
Ditinjau dari sudut pandang pihak pencipta dan pendorongnya inovasi proses inovasi terdiri atas tahapan tahapan sebagi berikut
a. Tahapan pengena;an masalah,penelitian,perumusan lebih tajam dari masalah
b. Tahap pengembangan yang meliputi saran arternatif pemecahan masalah, percobaan kembali,peneliaan,dan seterusnya
c. Tahapan menyebaran yang meliputi penerangan ,pengorganisasian ,pemberian restu dan sanksi ,pengendalian dan pengawasan

Tidak ada komentar: