Minggu, 19 Juni 2011

PA, TEKNOLOGI DAN KELANGSUNGAN HIDUP 1.USAHA MENCARI SUMBER


BAB  V
IPA, TEKNOLOGI DAN KELANGSUNGAN HIDUP
1.USAHA MENCARI SUMBER DAYA ALAM NONKONVENSIONAL
1.     Energi Matahari
      Energi matahari adalah energi yang tak habis-habisnya . Adapun energi
matahari itu terdapat di dalam tumbuhan atau hewan. Perubahan suatu cahaya yaitu energi cahaya menjadi energi listrik yang dilakukan dengan memasang fotosal yang di kenai cahaya.
Fotosal adalah sel pembangkit listrik.
      Perubahan energi matahari menjadi energi panas, dilakukan dengan menampung cahaya matrahari kedalam sebuah cermin cekung.
Letak ermin-cermin tersebut dapat diatur sedemikian sehingga mengarah pada datangnya cahaya matahari ; sehingga diperoleh panas yang tinggi sekali. Energi panas ini dapat diubah menurut keperluan atau langsung digunakan untuk suatu pabrik atau industri tertentu sebagai sumber energi pengganti minyak bumi.
2.     Energi Panas Bumi
      Energi papnas bumi adalah energi geothermal. Energi geothermal yang di manfaatkan sekarang ini adalah panas bumi berasal dari magma.
Magma adalah batu cair/panas yang terdapat di dalam /kerak bumi, magma dapat merembus kepermukan bumi yang disebut dengan lava, Lava inilah yang membentuk gunung-gunung di permukaan bumi.
Adapun gunung berapi menunjukkan bahwa ada hubungan aktif antara mulut gunung dengan magma, dmikian juga adanya sumber-sumber air panas,. Kubangan air di dalam tanah itu mempunyai titik didih tinggi karena tekanan gas di atas permukaan air itu tringgi. Didalam gas itu terjadi uapan gas amoniak. Yang dimaksud dengan gas amoniak adalahuntuk memutar turbin hingga di peroleh energi listrik atau air panas itu digunakan untuk keperluan yang lain.

3.     Energi Angin
    Angin adalah udara yang bergerak. Energi angin itu dapat di gunakan untuk memutar turbin dan akan diperoleh energi listrik.
4.     Energi Psang Surut
     Energi pasang surut adalah salah satu bentuk energi alami yang terdapat di bumi yang tidak bersumber dari cahaya matahari. Energi pasang surut itu bersumber dari tenaga yang di timbulkan oleh gaya tarik antara bumi dan bulan.
Di daerah pasang surut yaitu di daerah pantai, di pasang dam atau bendungan. Air laut baik pasang maupun surut akan melewati dam atau bendungan ini dipasang, turbin yang dilengkapi dengan generator listrik, maka akan di hasilkan energi listrik yang selanjutnya dapat dipergunakan untuk keperluan lain.
5.     Energi Biogas
     Biogas adalah gas yang di hasilkan oleh bakterin pengurai melalui peroses pembusukan / penguraian  dari sisa-sisa jasad hidup; misalnya samph pertanian seperti: batang pohon jagung, jerami, sisa ampas kelapa atau dapat juga tumbuhan yang  cepat tumbuhnya seperti eceng gondok, akasia dsb.
Untuk menaikan mutu gas biogas itu dialirkan lewat air kapur. Air kapur itu berfungsi untuk sebagai penyerap gas H2S, mengendapkan CO2, melarutkan  NH3, dsb.
6.     Energi Biosmassa
     Biomassa adalah segala jasad hidup. Biosmssa yang dapat di gunakan ialah yang berupa sampah-sampah organik.  Biosama dapat di gunakan untuk sumber energi, karena biomassa itu masih menyimpan energi matahari. Biosama ini dibakar dan energinya digunakan untuk memanaskan air, kemudian uapan yang di lengkapi dengan generator listrik sehingga diperoleh energi listrik.
7.     Energi Zat Radioaktif
     Zat radioaktif dapat memancarkan sinar (alpha) yang bermuatan listik positif, sinar B (beta) yang bermuatan listrik negatif. Di samping itu zat-zat radioaktif dpt bersifat sbg tracer (penelusur).

2. JENTERA GENETIKA
               Bidang Biologi di kalangan masyarakat ilmiah sejak beberapa tahun             yang lalu ramai di bicarakan tentang jentera genetika yang di mungkinkan dengan di temukan “recobinat DNA”.
Umumnya diakui dalam bidang biologi adanya 3 azas pokok, yaitu:
    1. Teori evaluasi berdasarkan seleksi alam
2.  Teori  yang menajarkan bahwa semua organisme dibangun atas sel-sel
3.  Teori khromosom dari kebakaan yaitu bahwa fungsi khromosom adalah pengendali kebakaan.
           DNA merupakan zat genetik primer dari gen. Setiap gen mempengaruhi            sifat sel secara sangat spesifik.
3. PERLUASAN RUANG HIDUP DAN PERLUASAN INFORMATIKA
Untuk memanfaatkan sumber-sumber daya seoptimal mungkin perlu diperhatikan factor-faktor:
(1) Model
(2) Kriteria
(3) Kendala (constain)
(4)  Optimal

1.      Model
    Model dpt di gunakan sebagai petunjukbagi usaha-usaha penelitian atau penyelesaian suatu masalah.
  2.Kriteria
           Kriteria adalah persyaratan yang menggambarkan tujuan atau sasaran alam pengambilan keputusan.
 
  3.Kendala
           Kendala atau pembatsan adalah faktor-faktor yang harus di perhitungkan dalam disain atau pengambilan keputusan.
  4.0ptimal
           Optimal adalah mencari solusi yang terbaik, bila masalah tersebut telah di rumus kan dalam bentuk model dengan memperhatikan  sasaran dan memperhitungkan kendala.
A.   Upaya manusia untuk mendapatkan sumber hidup baru
Dengan landasan perkembangan teknologi modern pada akhir abad 20 ini maka upaya manusia yang cukup menonjol untuk memenuhi kebutuhan hidupnya: yaitu
a.     Bahan-bahan polimer
b.     Bahan- bahan campuran
c.      Bahan-bahan listrik dan magnet
B.Upaya manusia mencari data-data diluar bumi untuk memenuhi          kebutuhan    hidupnya
        Dengan IPA dan teknologi modern pada akhir abad ke 20 ini para ahli telah dapat menciptakan “satelit buatan” yang digunakan untuk meneliti dan mencari data -data di luar bumi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
4. USAHA MANUSIA DALAM MELESTARIKAN HIDUPNYA
Salah satu cara manusia untuk mencari penganti minyak bumi seperti yang yang telah disebutkan di muka. Masalah lain yang sangat vital adalah masalah penggunaan teknologi maju , keuntungannya yang memang banyak,
          Lingkungan hidup itu termasuk hubungan antara manusia dengan lingkungan nya, baik biotik maupun abiotik.


Tidak ada komentar: